Biro Organisasi Audiensi Penguatan Desk Evaluation RB Dan Implementasi SAKIP

Kota Gorontalo, Biro Organisasi - Kepala Biro Organisasi Aryanto Husain dan Ketua Tim Kerja Peningkatan Nilai SAKIP Provinsi Gorontalo Yosef P. Koton, melakukan audiensi terkait pemantauan pelaksanaan tindak lanjut hasil evaluasi Reformasi Birokrasi dan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) serta perkembangan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan implementasi SAKIP pada Pemerintah Kabupaten Gorontalo, di ruang kerja Bupati Gorontalo, Rabu, (13/10/2021).


Audiensi tersebut diterima Wakil Bupati Gorontalo Hendra S. Hemeto didampingi Asisten Administrasi dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gorontalo. Audiensi diawali dengan penjelasan singkat tentang maksud dan tujuan kunjungan serta metode evaluasi RB dan SAKIP, yang dilakukan oleh Kementerian PANRB di tengah pandemi Covid-19 tahun 2021 ini yaitu metode Desk Evaluation.


Kepala Biro Organisasi Aryanto Husain dalam penjelasannya menegaskan tentang rekomendasi yang harus segera ditindaklanjuti, khususnya dalam menginternalisasi delapan area perubahan ke seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Tim Biro Organisasi melakukan kunjungan di kantor Bupati Kabupaten Gorontalo.

 

“ Untuk Implementasi SAKIP, pemda perlu menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU) serta program/kegiatan yang tepat dalam rangka mendukung pencapaian visi misi kepala daerah dan wakil kepala daerah. Hal ini dilakukan agar program/kegiatan yang dilaksanakan berdampak nyata dan tepat sasaran sehingga target-target kinerja daerah dapat dicapai,” kata Karo Organisasi.


Lebih lanjut ia juga berharap Wakil Bupati dapat mendorong OPD agar lebih meningkatkan kinerjanya dalam rangka peningkatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Implementasi SAKIP di Kabupaten Gorontalo. Terlebih lagi Wakil Bupati adalah seorang interpreneur sukses, sehingga dapat menggabungkan ilmu wirausaha dan birokrasi guna peningkatan kinerja aparatur yang lebih baik kedepan.

Baca Juga : Karo Organisasi Paparkan Progres Penyederhanaan Birokrasi Pemprov Gorontalo

Sementara itu Wakil Bupati Gorontalo Hendra S. Hemeto, mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo khususnya Biro Organisasi, dalam melakukan pendampingan dan pembinaan Kabupaten/Kota.


“ Saya berharap kegiatan seperti ini tetap terus dilakukan sehingga keberhasilan yang dicapai oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dapat diikuti juga oleh semua Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Gorontalo,” ungkap Hendra.


Wakil Bupati juga menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan RB dan SAKIP serta slogan Pemerintah Kab. Gorontalo yaitu Dua Kali Lebih Baik.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gorontalo Rahmat Mohammad mengungkapkan, dalam merespon rekomendasi hasil evaluasi pelaksanaan RB dan Implementasi SAKIP, Pemkab Gorontalo juga sudah menerapkan standar pelayanan publik. Standar pelayanan publik tersebut tidak hanya di tingkat perangkat daerah tapi juga sudah sampai ke tingkat desa dan juga telah membuat peta proses bisnis yang akan memudahkan dalam pelaksanaan manajemen kinerja.

Berita Terbaru

Pranala
Image

Cari

Biro Organisasi
Provinsi Gorontalo

Jl Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo

Telp. +6282350595263

e-mail : org@gorontaloprov.go.id